Pulau Komodo | 16 Maret 2013

by - Oktober 09, 2013


Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies langka yang hampir punah, hanya dapat Anda temukan di Taman Nasional Komodo. Karena keunikan dan kelangkaannya, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Sitedan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986. Pertama kali ditemukan dunia ilmiah tahun 1911 oleh JKH Van Steyn. Sejak saat itu kemudian memperluas tujuan konservasinya juga untuk melindungi seluruh keanekaragaman hayati, baik laut dan darat.


16 Maret 2013 ( 13 days and 14 islands for the best 15th | Jakarta - Lombok - NTB - NTT - Bali )

Jarak dari pink beach ke pulau komodo ini kurang lebih sekitar 1 jam. Di pulau ini saya, aritha, qori dan mas abdul (guide dari kapal kita) ga ikut trekking, tapi kita malah numpang mandi di toilet di pulau komodo ini. Kata mas abdul, bagusan di pulau rinca nanti trekkingnya, komodonya lebih banyak, jadi mending mandi aja disini sambil istirahat santai-santai. Oke! kita setuju, ikut aja apa kata mas abdul hahahahaha. Awalnya saya mikir kamar mandinya pasti ala kadarnya eh ternyata bagus, bersih dan terawat deh. Apa mungkin karena masih baru kali yah. Dan tempat istirahatnya juga bagus, nyaman dan bersih. Disini kita bisa pesen makan tapi ya ala kadarnya sih cuma sebatas mie instant trus ada snack, softdrink juga. Harga ya emang beda jauh tapi wajar aja karena itu ada di pulau hehehe

(ini dia tempat istirahatnya)

Pas abis mandi kita duduk-duduk santai, dan bener aja banyak komodo mondar mandir hahahaha jadi kita cuma bisa stay aja diatas kantin ini, ya kalo mau uji nyali mah bisa aja turun tapi inget harus lari zigzag ya kalo dikejar komodo. Sempet ketawa sih pas baca buku tips ke pulau komodo gitu, salah satu tipsnya "Jika dikejar komodo, berlarilah zigzag, komodo hanya bisa lari lurus". Pertama ketawa banget baca gituan, mirip sama misalnya dikejar pocong lari zigzag -____- (entah gosip jaman dulu). Tapi dipikir-pikir pas merhatiin itu komodo jalan, iya juga sih dia gabakal bisa lari zigzag, jalan lurus aja ribet ekornya panjang begitu.. 

(ini buku 15 destinasi terbaik di indonesia)

Sekitar 1 jam lebih akhirnya rombongan trekking udah tiba, mereka istirahat dan jajan-jajan dulu terus siap-siap balik ke kapal deh untuk destinasi selanjutnya. Tapi sebelumnya kita foto bersama dulu dong di depan pintu masuk pulau komodo..

(with the team)

(aritha, qori, saya)

(ga asik kalo ga foto disini hehehe)

(jembatan dermaga pulau komodo)

(pemandangan sekeliling pulau komodo)


Selanjutnya kita menuju ke Pulau Kalong...



You May Also Like

0 comments