Pulau Satonda | 15 Maret 2013

by - Agustus 12, 2013


Pulau Satonda memiliki danau purba berusia ribuan tahun dan ini sangat unik, banyak peneliti yang tertarik untuk meneliti Danau di Pulau Satonda. Keunikannya adalah Pulau Satonda memiliki danau berkedalaman 86 meter, kalau biasanya danau adalah berair tawar, namun Satonda memiliki danau berair asin. Menurut peneliti, Pulau Satonda terbentuk karena letusan gunung api di dasar laut, jutaan tahun lalu. Setelah meletus dikedalaman 1.000 meter, letusannya membentuk sebuah pulau kecil yang sekarang dikenal dengan nama Pulau Satonda.


Pulau Satonda juga memiliki stromatolit, terumbu paling tua yang telah muncul sejak Archean, atau beribu-ribu tahun sebelum munculnya binatang-binatang bersel lebih dari satu. Tepatnya sekitar 3.000 juta tahun yang lalu. Selain itu, Pulau Satonda juga adalah pulau yang dulunya merupakan bekas gunung api bawah laut.

Gosipnya dulu ada 2 peneliti dari Jerman pengen cari tau ini danau nyambung sama lautnya apa ga, jadi 2 peneliti itu nekat diving deh buat cari tau. Tapi akhirnya salah satu penelitinya meninggal. Entah keabisan oksigen atau nyasar deh di dlm. Nah sinar matahari yang tembus ke dalam ini danau cuma sampe 10m, jd ga kebayang deh itu gelapnya kaya apaan di bawah. Jadi banyak makhluk hidup yang ada di dalam danau itu ga bisa bertahan hidup lama, tiba-tiba banyak ikan kecil2 mati ngambang aja dipermukaan danau.

(danau air asin satonda)

(itu yang ngambang ikan2 yang mati secara misterius hmm ga deng itu kepala2 bule yg lagi pada berendem)

15 Maret 2013 (13 days and 14 islands for the best 15th | Jakarta - Lombok - NTB - NTT - Bali)

Di danau satonda ini saya ga berenang karena airnya katanya hangat, saya lebih suka berendem di air yang adem hehehe, itu alasan pertama. Alasan kedua saya takut ada makhluk hidup aneh didalamnya ahhahahaha bodo amat deh dibilang cemen. Tuh liat aja warnanya gelap banget, drpd ntar tiba2 parno ditengah2 lagi berenang kan tengsin coy. Cukup duduk dipinggiran dan nyemplungin kaki aja. Lagi pula banyak yang ga nyemplung ke itu danau, jd ga cemen2 amat juga kan hahahaha

Setelah pada main2 di danau, kita semua langsung balik menuju pantai dan snorkling disana. Kalo mas guide dan para bule cowo pada nangkep ikan. 2 teman saya milih untuk nyantai di saung tepi pantai, saya berenang sm yg lainnya. Bawah lautnya ga terlalu banyak terumbu karang yang warna warni, tapi banyak ikan2 kecil yang warna warni. Airnya bening banget deh.

(pantai satonda)






Selesai main-main di pulau satonda ini, kita semua balik ke kapal. Dan ternyata dua temen saya curang mereka udah mandi dan nemu aja shampoo sm sabun di kamar mandi hiiissshhh. Agak iri karena ini saya belom mandi2 dari kemaren, ya gmn mau mandi, wong pipis di toilet kapal aja agak ribet, gmn mau mandi, air tawar juga terbatas.

Nah pas makan malam di kapal nih dalam perjalanan menuju ke pulau berikutnya, tiba2 ada surprise dari tmn saya hehehe yg ini agak terharu nih, ulang tahun ada di tengah laut entah dimana trus tiba2 dibawain buah ulang tahun. Inget yah BUAH ULANG TAHUN BUKAN KUE! Ya gimana mau dapet kue kalo di tengah laut. Jadi mereka udh kompakan sm guide kapal buat surprise-in pas dinner ceritanya. Bahagia akhirnya ada yang nyanyiin selamat ulang tahun, dinyanyiin sm semua org dikapal. Thankyou aritha dan qori!


(INI LOH SAYA LAGI TIUP LILIN DI BUAH ULANG TAHUN SAYA! HAHAHA. Ga ada kue, nanas pun jadi)

(chit-chat after dinner with yana, lisa, maiko, mike dan emily)



Selanjutnya menuju Gili Laba...


You May Also Like

0 comments