Karimunjawa | 13 - 18 Juli 2012

by - Februari 01, 2013

KARIMUNJAWA !!
Again. Emang bikin jatuh cinta dan pengen banget balik kesini terus dan terus. Ini ketiga kalinya saya ke karimunjawa. Kali ini dalam rangka liburan semester dan bareng temen2 kampus. Awalnya kita mau berdelapan tapi 2 cancel jdnya cuma berenam. Gpp, holiday must go on hahahaha
Berhubung udh saya udh sering kesana, jd ya jd lebih mudah karena udh kenal org sana dan udh punya contact buat penginapan dan bisa minta di bookingin kapal yg di kursi vip hehe biar nyaman.

Meeting point di kost tmn saya di daerah rawabelong, trs naik taxi bareng2 ke terminal lebak bulus.
Trip kali ini tetap menggunakan rute jakarta-jepara. Karena kalo menurut saya lebih mudah aksesnya untuk ke pelabuhan dibandingkan ke karimunjawa lewat semarang. Tiket bus jakarta-jepara saat itu hanya 130rb aja perorang, namanya bis Nusantara, udh sm makan malam sekali. Bis yg berangkat dr lebak bulus tujuan jepara biasanya jam 5sore. Jangan lupa selalu sedia cemilan dan minum untuk diperjalanan, karena kalo beli di tempat pemberhentian bis gt harganya lumayan gila.

Berangkat jam 5 sore 13juli, sampai di Jepara 14juli sekitar jam setengah 5 pagi. Biasanya saya bilang kalau mau ke pelabuhan jepara, nanti supir bisnya akan nurunin kita di alun-alun jepara. Di alun-alun jepara udah banyak tuh becak yg mangkal buat nganter kita ke pelabuhan jepara. Mereka pasang tarif 20rb, tapi tawar aja, karena sebenernya cuma 10rb, soalnya deket. Itu kita sewa 3 becak akhirnya dengan bayar 15rb hahahaha abis abang becaknya udh pada tua, jd ga tega hihihi tp itu kita bayar segitu jg udh minta anterin sekalian ke minimart terdekat sm atm terdekat. Karena terakhir saya pergi ke karimunjawa tahun 2011 belum ada atm disana, tp skrg udh ada atm disana jd gampang deh.

Sampainya di pelabuhan udah rame banyak org nunggu sambil duduk2 diwarung. Hmm semakin rame aja ini disini. kursinya lebih banyak dibandingkan dr tahun lalu, kamar mandi umumnya juga nambah, warung makannya juga nambah. Tadinya cuma warung mie biasa skrg ada prasmanannya gitu dgn menu masakan rumah biasa. Pesat juga perkembangannya yah ini, 10thn ke depan lg ga tau deh jd gmn, bisa jd ada foodcourtnya hahahaha

santai pagi di pelabuhan sambil nunggu kapal berangkat

Sekitar jam 7, saya udh di hubungi sm Mas Takur buat segera naik ke kapal, dia nunggu di dekat pintu masuk kapal. Mas Takur ini anak buahnya yg punya penginapan wisma apung di pulau karimunjawa, namanya Ibu Nurul. udh terkenal deh pokonya itu wisma apung. Setelah ketemu di pintu masuk kapal, Mas Takur ngasih 6 tiket vip untuk kita berenam trus dadah dadah deh pas kita jalan masuk ke kapal.

Naik kapal ini memakan waktu 6 jam. Sebenernya ada kapal cepat yg baru, tp ukuran kapalnya lebih kecil dan harganya lebih mahal. Jadi kita naik km muria aja 6 jam jg gpp kan menikmati laut hahahaha Oya tiket km muria vip ini 76rb perorang. Dikapal langsung aja saya nenggak antimo biar tidur pules hahaha ya walaupun kebangun kebangun tp diselingin nonton dvd warkop dan dangdut yg disediain sm pihak kapal. lumayan buat menghibur. Tadinya mau ke deck atas liat lumba2, biasanya suka ada lumba2 yg ikut berenang, tp pas sampe di deck udh kaya lautan manusia. Gabisa gerak kemana2. Bener2 full sm orang tanpa celah. jadi kita mutusin untuk balik ke bawah masuk ruangan aja dan tidur kembali.

SELAMAT DATANG DI KARIMUNJAWA

saya dan pasukan hehe

Sampai di pelabuhan karjaw, kita dijemput sm pihak wisma apung dengan mobil. Jarak pelabuhan ke dermaga wisma apung kalo jalan ya lumaya sih, siang2 gini pula, jd kita minta dijemput dengan tarif 30rb untuk satu mobil. Berhubung laper jd kita makan dulu di warung Bu Ester sebelum nyebrang ke wisma apung. menu makanannya murah meriah, nasi, lauk, minuman cuma 10ribu tp tergantung ya makannya pake lauk apa hehe Selesai makan langsung ke dermaga untuk nyebrang ke wisma apung, cuma butuh 5menit aja naik ojek kapal yg udh disediain.

Sampai di wisma apung langsung masuk kamar dan ganti celana trus jelajah belakang wisma apung. Bisa jalan kaki dr wisma apung ke pulau menjangan, karena airnya cuma sepaha aja, tapi banyak bulu babi hahaha kalo ga pake booties jgn coba2 ya drpd liburannya jd kacau gara2 bulu babi itu..

Berhubung kita ga pake booties jd kita cuma setengah jalan dan balik lg ke wisma apung hahaha Tapi emang udh pada ga tahan liat air laut, kita langsung aja berenang di depan wisma apung, Airnya biruuuu bening dan banyak ikan kecil2. Dan ga kelupaan juga main di kolam hiu milik wisma apung hihi

Malamnya kita makan di daratan, nyebrang naik ojek kapal, perorang 5000 pp. Kalo udh mau balik tinggal telp bapak ojeknya deh. Makan malam di daratan sekarang udh rame, udh beragam makanannya dan yg jualan udh mulai banyak di lapangan bola depan kantor kecamatan karimunjawa. Ada bakso, somay, seafood, sate ayam, mie ayam, es pisang ijo, martabak, pokonya udh banyak deh tinggal pilih. Tp jgn lupa tanya harganya yaa

Hari kedua, setelah sarapan nasi goreng di wisma apung, jam 9an pagi kita akan hopping island. Sewa kapal 450rb seharian, trus alat snorkling 30rb satu set, sama 15rb untuk bekal makan siang di kapal. Pulau pertama yg kita tuju yaitu pulau menjangan besar. Disana udh rame pas kita sampai. Disana airnya biru dan banyak ikan2 kecil. Oh iya jgn lupa bawa roti untuk kasih makan ikan. Karena kalo kita kasih roti, ikannya pd ngumpul deket kita, bagus deh buat di foto hahahaha. Cuma sayang terumbu karangnya udah ga warna-warni lagi. Udah bnyk yg mati, sayang banget.

Dari menjangan, kita menuju spot kedua. Nama spotnya saya lupa hehe tapi arusnya lumayan kenceng. tapiiiiiiiiiiii bawah lautnya JUARA!! masih ada terumbu karang yg warna warni, ikannya lebih banyak dan beragam. Ini pertama kalinya saya ke spot ini, karena sebelum2nya gabisa snorkling disini gara2 ombak tinggi jd bahaya ntar. Sayang banget ga bisa fto dibawah air pas disini karena udh abis batrenya.
Saya berenang ngikutin ikan yg warnanya kaya pelangi gitu, yg ini lumayan besar dari ukuran biasanya, tp tiba2 kaki saya ditarik sm temen. Dia bilang kejauhan ntar kena arus bahaya. Baru sadar juga saya berenang udh lumayan jauh dr kapal hehehe. Di spot ini kita ga lama, soalnya ombaknya lumayan dan bikin temen saya mual dan muntah ke laut. Sekejap udh ilang muntahannya karena dikerubungin ikan2 hahahaha

Lalu kita ke spot ketiga yang namanya Cemara besar. Disini airnya bening banget deh. Di spot ini kita bisa santai sambil makan siang dr bekal yg udh disediain. Makan di pulau sepi, pinggir pantai, sama temen2 itu rasanya luar biasaaaaaa. Selesai makan, kita keliling bentar dipulaunya terus main air sesuka hati. Mau jungkir balik, loncat ga karuan jg gada yg ngelarang disini hahahaha private island deh

Spot keempat adalah tempat favorit saya, yaitu TANJUNG GELAM!! saya nyebutnya indonesian maldive. Karena ya emang bagus banget lautnya ga kalah sm maldive hehe padahal sotoy aja belum pernah ke maldive hahahahaha tp ga boong ini paradise abis! Disini bisa istirahat sambil makan siang, tp ya berhubung bekalnya udh dimakan di pulau sebelumnya, kita bisa jajan di warung2 kecil yg berjejer disini. Ada gorengan, mie dan berbagai minuman. Ga ketinggalan juga dong yg terpenting di pantai yaitu es kelapa muda yg seger banget. Kalo jajan gorengan disini harap di control, karena ga bakal kerasa tiba2 kalian udh abisin 2 piring gorengan yg udh disajikan hahaha.

Selesai jajan, saya dan teman saya pengen berenang karena ga tahan liat warna birunya yg menggoda banget. 4 temen saya milih santai2 di pinggir pantai. Berenang menuju spot yg banyak ikan warna warni lumayan susah nyari jalannya. Karena banyak terumbu karang yg tinggi2. Saya sm temen saya sempat kejebak. Jadi pas berenang mau cari jalan malah salah arah, pas berenti di tempat yg kita bisa bediri, trus liat sekitar, terus nyelem lagi, ternyata keliling kita karang tinggi2. Jadi harus extra hati2 berenangnya, jangan sampe nyasar kaya kita hehehe. Kita berenang lg nyari jalan ke tempat yg luas, dalam arti aman dr karang, dan akhirnya ketemu jalurnya. Langsung deh dinginnya air mulai berasa, beda suhunya sm tempat td kejebak. Birunya laut indah banget, ditambah pantulan sinar matahari yg masuk ke dalam air. Kaya cahaya surga di film2 gitu deh hehehe. Saya berenang ngikutin ikan2 cantik yg berenang seliweran. Tapi kali ini saya lebih hati2, karena salah2 bisa kebawa arus ke laut lepas.

Setelah puas main2 di tanjung gelam, kita kembali ke wisma apung. Oh iya di tanjung gelam kita bayar uang sandar kapal 30rb, semacam uang parkir kapal gt deh. Sampainya di wisma apung kita mandi gantian, lalu duduk2 sambil minum teh di dan duduk2 santai di gazebo wisma apung. Daaann akhirnya makan malam siap dengan menu andalan kalo dipantai yaituuuuu SEAFOOD DINNER yeaay! Makan ikan sepuasnyaa hahaha cuma 35rb perorang kalo ingin makan malam di wisma apung. Selesai makan kita tiduran di kayu apung yg gede, yg emg sengaja disediain buat nyantai. Bintangnya banyak banget, beda sm langit jakarta malam hari. Cuma jangan kelamaan juga tidurannya, karena nanti bisa masuk angin hahaha

Hari ketiga, jam delapan pagi seperti biasa kamar diketok untuk bangunin kalo sarapan udh siap. Pagi ini kita sarapan soto ayam. Selesai sarapan, kita packing karena malam ini akan nginep di daratan. Jadi barang2 kita dititipin di ruangan satunya yg ga di isi, krn kamar yg kita tempatin nanti mau diisi sm org lain. Selesai rapihin barang kita melaut lagi yuhuuuuuu.

Spot pertama kali ini saya lupa lg namanya hihihihi disini kita snorkling seperti biasanya dan terumbu karangnya ga banyak yg warna warni tapi ikannya lucu2. Disini juga bisa mancing..

Spot kedua kita istirahat di pulau pribadi kita hahaha ngaku2 aja gpp. Disini airnya bener2 bening dan kalo berenang banyak ikan2 kecil lucu warna putih juga dan mereka suka nyundul2 masker kita hehehe
Selama kita berenang, mas guide kita sm mas2 yg jaga itu pulau masakin kita ikan bakar dan ayam bakar. Jadi selesai main air kita langsung menyantap itu semua. Ayam bakarnya juara banget deh rasanyaa

Spot ketiga yaitu pulau gosong. Kenapa namanya pulau gosong, karena cuma ada gundukan pasir aja yg luaaaaassss. Ini pemandangannya juga ga kalah keren sm pulau lainnya, karena bakal berasa banget kalo dunia itu emang luas banget, lebaaay yaa maaf hahahaha Cuma ya sesuai namanya pulau gosong bisa bikin gosong jg, gada pohon disini, bener2 silaaaauuu

Dari pulau gosong, kita langsung cuss ke wisma apung. Mandi di wisma apung lalu pergi menuju daratan deh. Biaya nginap di wisma apung permalam 150rb untuk kamar non AC dan kamar mandi luar. Untuk Kamar mandi dalam dan non AC 175 permalam. Untuk kamar AC dan kamar mandi dalam 300. Tapi saran sih ga usah ambil yg AC karena malem tuh disana dingin juga ditengah laut, dan kalo siang gabisa digunain, listrik baru nyala jam 6 sore, lagipula siang hari kan kita melaut. Trus kalo yg kamar mandi luar enaknya, kamarnya ada pintu blakang yg langsung nembus ke balkon depan. Jadi pemandangannya lebih asik, dan bisa duduk2 di balkon itu sambil nyantai. Kalo yg ada kamar mandi dalam dan non AC letaknya lebih ketengah dan pemandangannya juga sama aja, tapi ada pemandangan ke belakang kalo abis mandi pas mau jemur handuk, karena kamar mandinya semi outdoor gt. Tapi ya kan ga mau nyantai dikamar mandi juga kan, masa jauh2 nongkrong disitu hahahahaha. Jadi mendingan pilih yg 150rb permalam aja yess biar hemat jg.

Tiba didaratan kita langsung menuju homestay yg udh di booking malam sebelumnya. Ya hostelnya apa adanya aja sederhana. Dua kamar 160rb aja harganya. Yang satu kamar ada dua kasur besar, dan kamar satunya lagi cuma satu kasur besar. Cukup lah untuk istirahat semalam aja. Abis naro barang kita keliling buat cari makan. Kali ini kita makan pecel ayam dan lele. Rasanya enak dan ini satu2nya warung pecel ayam disini. Selesai makan ayam kita keliling lg jalan2 beli cemilan untuk dikapal besok, karena besok kita udh nyebrang lg ke jepara.

Hari keempat, kita bangun pagi2 banget karena harus ke pelabuhan karimunjawa. Dan kita dari homestay jalan kaki ke pelabuhan sekitar 20menitan lah yah. Lumayan sih bawa tas gede sambil jemur handuk di atas tas hahahaha mumpung ada sinar pagi, dari pada handuk basah2 dimasukin ke tas jd bau ntar, mending jemur skalian jalan hihihi
Sampai di pelabuhan kita beli sarapan nasi bungkus dan aneka gorengan buat di kapal. Yak amunisi maksudnya bekal udh komplit, kita langsung masuk ke kapal dan tentunya ruangan vip lg.

Kali ini ombak lebih besar dan angin juga lebih besar, jadi deck ga boleh ada yg isi karena bahaya. Untungnya ga sepadat pas kita awal berangkat sih.
Setelah 6 jam nyebrang, kita naik becak ke terminal jepara untuk ngambil tiket, kita booking tiket bus nusantara jepara-jakarta 2 malam sebelumnya, harga perorang 125rb. Karena bis baru berangkat jam 4 sore, dan sat itu masih jam2. Kita naik becak lg menuju KFC jepara. Emang ga bisa jauh2 dari ayam deh ini pada yah... becaknya kita suruh tunggu aja karena makan kan cuma sebentar. Selesai makan balik lagi ke terminal, duduk manis nunggu bis dtg

hasil main dilaut ya keling begini deh hahaha

Jam 4 pas bis dateng dan kita langsung naik ke bis. Sampai di Jakarta agak telat karena pas mau masuk tol mana gitu macet parah. Jadi biasanya sampe di terminal lebak bulus tuh jam 6an pagi, ini kita sampai disana itu jam 10 pagi. Kebayang lah yah macetnya kaya apa tuh. Dari terminal lebak bulus kita naik busway dan lanjut naik angkot ke kost masing2 deh..

liburaaan selesaaaaiiiiii, kembali ke kuliah hmmmm