Tulamben | 5 November 2012

by - Februari 11, 2013


TULAMBEN ONE OF THE BEST DIVE SITE IN THE WORLD
Tulamben, sebuah desa kecil di Kabupaten Karang Asem bagian utara Bali, berjarak tempuh kurang lebih 100 km dari kota Denpasar. Tulamben bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam dari pusat kota Denpasar dengan kendaraan roda empat atau bis. Selama perjalanan dari Denpasar kita bisa menikmati pesisir pantai selatan bali, Goa Lawah, Candi Dasa, Amlapura yang terkenal dengan pemandangan sawah dan tebing yang memukau. Untuk penyelam pemula seperti saya, ini merupakan lokasi yg pas karena arusnya sedang disini. 

Akibat dari letusan Gunung Agung tahun 1963 yang mengeluarkan 300 juta kubik bebatuan maka pantai di areal ini ditutupi oleh bebatuan. Keadaan ini tentunya memberikan keunikan tersendiri bagi ragam flora fauna yang hidup di Tulamben. Berbagai jenis udang dan kepiting (macro) dapat dijumpai hidup di areal Tulamben. Keadaan ini tentunya mengundang perhatian peminat underwater photography dari mancanegara.


Tulamben memiliki banyak spot menarik untuk diselami, salah satunya adalah reruntuhan / shipwreck USS Liberty yang tenggelam tahun 1942 akibat mengalami tembakan torpedo dari Kapal Jepang di selat Lombok. Rencananya kapal tersebut akan di derek ke Singaraja namun tenggelam di Tulamben pada saat perjalanan. Saat ini reruntuhan kapal ini telah ditumbuhi coral dan dihuni oleh ribuan jenis mahluk hidup yang beraneka ragam. Boleh dibilang, dive site yang paling banyak ikan yang bisa kita jumpai di Indonesia adalah di Tulamben, mengapa ? Penduduk setempat menjaga agar seluruh mahluk hidup penghuni teluk tulamben dilarang untuk diambil. Oleh sebab itu kita bisa menjumpai segerombolan ikan yang jumlahnya mencapai ratusan atau bahkan ribuan.

Kali ini saya diving di dua spot, yaitu coral garden dan shipwreck. Tapi sebelumnya saya ambil introductory diver dulu, karena ini pertama kali saya nyelem. Jadi 15 menit pengenalan alat, trus setengah jam latihan di kolam. Saat itu saya gabung sm 2 turis taiwan dan 1 dive master trus sm dive guidenya nambah satu lg karena dua turis taiwan ini masih belum bisa dilepas di laut tanpa dipegangi. "Lah saya siapa ntr yg jagain Bli ?", kata Bli-nya saya percaya deh sm kamu, drtd di kolam paling bener km latihannya, udh sering snorkling juga kan, jd ya sama aja kok. HAHAHAHA nyombong dikit ulalalalalalala




Saya kira kita bakal naik sampan ke tengah laut trus nyebur, ternyata gendong tabung dari resortnya dan turun ke bawah langsung, jalan menyusuri pantai yg berbatu. Kebayang kan itu berat dan susahnya gimana pas jalan di batu2. Kira2 air udah selutut baru deh pasang fin trus nyelem.

Awalnya agak susah nafasnya tp adaptasi bentar gampang kok. Paling ga enak ya kalo makin dalem kuping sakit, tp tinggal mencet hidung trus buang udara dr hidung normal lg deh. Saya berenang ngikutin si divemaster kemana aja. Banyak terumbu karang yg masih warna warni dan banyak ikan2 aneh disini, dari bat fish, parrot fish, moray eel, dan ikan2 aneh yg saya ga tau namanya ada hehehe. Penyelaman pertama cuma sampe 8 meter, namanya juga pemula. Tapi 8 meter aja udh bagus bawah lautnya. Gimana puluhan meter. 















Sejam lebih kita nyelem di spot pertama ini. Lalu naik ke daratan buat istirahat untuk persiapan keduanya. Saya menemui kakak saya yg udh nunggu di cafe yg menghadap langsung ke pantai di resort tsb. Dia selesai duluan karena hanya snorkling, tdnya mau ikut nyelem tp ga brani. Sambil interval diving kedua, saya makan nasi goreng seafood yg emang udh paketan. Jadi saya ambil paket 1,2jt untuk 1 diver ( 2x dive + introductory diver ), snorkling, lunch for 2 person, antar jemput dr hotel tmpt saya nginep. Murah kan?? ini webnya http://www.divetulamben.com/id/dive_shop.html

Menjelang dive yg kedua, angin kenceng banget. Hampir mau batalin tp nanggung ah, penasaran sm shipwrecknya. Jadi kakak saya mutusin buat spa aja sambil nunggu saya. Turis taiwan yg bareng saya itu ngebatalin dive yg kedua, tp cuma satu org. Katanya dia ga kuat lg, udh capek. Jadi ya saya sm si turis taiwan satunya lg itu aja yg diving. 

Lokasi diving kedua lumayan jaraknya dari resort. Tapi kali ini ga sambil bawa tabung sendiri2, udah ada yg nyediain di lokasi. Mungkin karena emg jauh kali ya jd dibawain yeayy. Penyelaman kedua dimulaaaiii... Airnya lebih dingin kali ini dibanding sebelumnya, mungkin karena emg lebih dalem juga. Dari jauh udah keliatan bayangan hitam besar banget, yaitu shipwreck. Disini banyak diver turis, mereka nyelem dengan berbagai gaya sambil dadah dadah, entah emg ramah atau nyombong kalo dia bisa manuver segala macem kaya pesawat hahahahaha, ya di dadahin balik aja. Mereka pada bawa senter dan kamera yg super gede lengkap sm flashnya. Iri ngeliatnya sih, jd ga baik kelamaan liat mereka, mending liat ikan2 aja.

Banyak ikan aneh disini. Dari ikan batu sampe bintang laut yg warna warni. Di spot ini mesti waspada sm ikan batu, dia samar2 warnanya, kalo kita ga tau trus kita pegang karena kita kira terumbu karang, bisa DIE kena racunnya. Jadi disarankan pake sarung tangan dan hati2 kalo mendarat di dasar lautnya. 













Disini saya nemu ikan besar banget. Saya kira hiu, udh seneng aja tuh mau foto sm hiu tp pas diliat kok siripnya beda yah pas di deketin ikannya serem hahahaha tp besar banget, setengah lebihnya dive buddy saya. Pengen foto deket2 tapi agak2 juga, jd cuma dpt fotonya dr depan aja deh hehehe. 

Terus saya penasaran pengen ke shipwreck itu, tapi gelap, tapi ada diver disana yg bawa senter. Niatnya mau ngekor gitu hehehe Tapi pas saya berenang ke dalem terus, sampe kuping berasa banget deh, dan yakin udh mau deket, eh TRIIIINNGG!!! Berisik bikin kaget. Ternyata divemaster saya ngetok tabung saya pake tongkat kecilnya. Trus dia kasih kode supaya saya liat ke jamnya, ternyata udah kedalaman 16m hampir 17m, trus dia kasih isyarat ga boleh kebawah dan balik keatas, karena isi tabungnya udh di batasnya. Oke lah cusss ke atas, padahal dikit lg tuh rrrrrrggghhh

Pas didaratan saya nanya kenapa ga boleh kesana, katanya gelap dan itu baru bisa masuk2 ke kapalnya di kedalaman 25-30m, dan harus punya sertifikat dulu baru boleh masuk2 kesana. Yah coba td ga ketauan, kan bisa itu tembus ahahahahha tp ya oksigen udh ga mencukupi juga.




Selesai diving saya bilas, dan siap2 buat diantar balik ke hotel. Sebenernya di paketnya itu ada tour untuk melihat keindahan panorama sawah, Tirta Gangga Waterpalace, dan kesucian Pura Goa Lawah ( salah satu dari 6 Pura Tersuci di Bali yang memiliki goa kelelawar dan ular Phytons ). Tapi berhubung udah capek jd langsung aja...



You May Also Like

1 comments

  1. HOT NEW GAME
    COCK FIGHTING (SABUNG AYAM)

    LIVECASINO338 HOT GAMES :

    BACCARAT*ROULETTE*SICBO*DRAGON TIGER*SLOT GAME
    Minimal deposit 25.000,- sudah bisa bermain disemua jenis game
    Register/Pendaftaran bisa disini : http://livecasino3381.pkr69.com/

    Bonus Rollingan 0.8%
    Bonus Referral 3% [SEUMUR HIDUP!]
    Proses Deposit dan WD cepat hanya 1 menit!

    Contact Us :
    BBM : 2AD88032
    WA : +855965922558
    YM : cs_livecasino338

    BalasHapus