Pramuka Island | 8 -9 Juni 2012

by - November 12, 2012



Liburan ini sangat singkat dan sangat mendadak. Lg minggu kuliah, trus kakak ipar saya tiba2 ngajak ke pulau. Pas ditanya mau ke pulau mana trus kapan, eh jawabnya terserah mana aja, minggu ini yg pasti, mumpung lg cuti, bosen soalnya. NAHH!! yg begini nih yg seru, tapi sempet bingung juga jadwal kuliah lg ga ada yg libur, trus kalo yg jauhan dikit ntar absen kuliah bisa jebol. Hmmm akhirnya mutusin ke Kepulauan Seribu - Pulau Pramkua. Ini pertama kali ngunjungi kepulauan seribu. Padahal paling deket, di jakarta. Tapi malah ngebolang ke yg jauh-jauh dulu sebelumnya. Berhubung masih buta petunjuk disana, untungnya saya punya buku FLASHPACKING INDONESIA yeaayy. Itu buku lengkap sampe ada pilihan contact personnya. Ga cuma berisi liburan hemat di Indonesia dari pantai sampe gunung, tp toko2 yg beruhubungan sm kegiatan outdoor jg ada ( jadi promosi buku kan hmmm ).

Langsung tanpa ragu saya hubungi penginapan di pulau pramuka dan dapat penginapan seharga 300rb per malam. Lengkap AC, kmr mandi dalam, kasur bisa berempat. Namanya villa dermaga. Itu tempat recommended banget. Oya bapak yg megang pulau pramuka istilahnya deh hehehe itu Bpk Ismail. Kalo kesana pasti smua hub Bpk Ismail. Mau searching di google ttg pulau pramuka juga pasti ntar ada nyelip nomornya ini bapak hahahaha. 

Udah dapet penginapan, sekarang bingung baru saya sm kakak saya aja. Kalo cuma berdua mah lumayan ntar bayar buat penginapan sm kapal kelilingnya. Ngajak temen pada ga bisa, eh tp ada satu yg bisa untungnya. Jadi kita bertiga yg akan pergi ke pulau pramuka. Kita mutusin buat pergi pas weekdays, karena kalo weekends rame banget dan sewa kamar lebih mahal hehehe. Beda 50rb juga lumayan loh itu.. Kamis malam kumpul di kost saya, di kawasan rawabelong. Kita tidur bertiga, biar gampang bsk subuh perginya. Packing seadanya, trus pesen taxi buat jam setengah lima pagi, lalu tidur.

Paginya mas-mas kost gedor2 kamar saya, buat ngasih tau kalo taxi udh dtg. Langsung bangun kelimpungan karena alarm nyala tp dimatiin terus. Gantian cucimuka, sikat gigi, ga pake mandi ( pada mager kalo mandi subuh2 begitu, kan pikirannya nyampe sana langsung berenang jd mending sekalian aja nanti disana mandinya hehehehe ), masuk ke taxi, cusss muara angke...

Pas udah di muara angke, kita agak nyasar gt. Dikirain kita bakal naik perahu nelayan ke pulau pramukanya. Ternyata skrg semua tujuan ke pulau2 disana dari pelabuhan baru. Baru banget jadi kayanya pas itu. Masih keliatan banget setengah jadi. Tapi bagus pelabuhannya, bersih dan nyaman. Dan pintu masuk pelabuhannya ini sebelum pasar ikan yg rame dan becek banget. Buat yg mau ke pulau seribu mending jgn naik angkot, karena angkot turunnya itu ga di depan pelabuhan, kita tetap harus jalan melewati pasar becek gitu, dan aroma ikan yg aduhai deh.. Mending naik taxi atau bawa kendaraan sendiri. Disana ada tempat parkir mobil pribadi gitu, waktu pas kesini sih masih gratis. Tapi pas ke angke lg udh kena tarif 40rb per malam ( nanti di cerita pulau selanjutnya ). Oya naik taxi dr rawabelong - angke bayar 60rb .

Tas-tas udah berjejer di depan loket. Kita bingung dikit, kok udh bnyk tas aja, tp orgnya pd kmn ini. Ternyata udh pd nongkrong diruang tunggu yg menghadap ke dermaganya sambil nunggu sunrise. Yaudahlah kita ikutan taruh ransel buat jd antrian. Dtg jam stgh enam aja udh rame, bingung ini yg udh ngantri pd dr rumah jam brp yah... 

selamat datang





Sambil nunggu loket dibuka, kita beli popmie dulu di warung depan gerbang pelabuhan, sm beli persediaan minum. Karena nyebrang ke pramuka itu hampir 3 jam naik speedboat. Ini ruang tunggunya kaya halte transjakarta, tp tempat duduknya lebih banyak. Bisa nge-charge HP juga, ada colokan gitu di setiap sudut temboknya. Sekitar jam 7 kurang, loket dibuka. Semua pemilik ransel yg udah berjejer langsung ikut berjejer juga. Tiket angke-pramuka 32rb sm asuransi, di loket kita tinggal sebut nama sm umur. Setelah itu nunggu di dekat dermaga. Sistemasi naik ke kapalnya juga rapih, karena dipanggil satu2 namanya baru masuk ke kapal, jd ga berebutan gitu masuknya. Dan kapalnya juga ga boleh terlalu penuh. 

Kapal jalan sekitar jam stgh 8 pagi. Kita naik kapal krapu, lebih kecil dr lumba-lumba. Dijalan berasa loncat-loncat, tp emg bener boatnya loncat gitu nerjang ombak. Sesekali boat berhenti ditengah laut karena ada sampah nyangkut di baling-balingnya. Hmmm ga jauh dr dermaga sih sejauh mata memandang ya emg sampah semua. Sangat menyedihkan. Tapi ada banyak juga kapal tanker yg bersandar di tengah laut. Semakin-semakin deh lautnya kotor hihihi

Boat ini pertama mampir ke pulau kelapa dulu buat nurunin penumpang, abis itu ke pulau untung jawa, lalu ke pulau pari, baru deh terakhir sampai di pulau pramuka..

pulau pari

karang pulau pari

pulau pramuka

Sampainya kita langsung telp Bpk Ismail buat nanya jalan ke villa dermaganya. Eh ternyata Bpknya udh nungguin kita di pelabuhan, jd langsung deh dianterin sampe penginapan. Jaraknya deket kok, ya secara ini pulau kan kecil yah. Sayangnya disini udah banyak kendaraan bermotor, jd ga bebas asep knalpot kaya di gili trawangan deh. Pulau pramuka merupakan pusat dari kepulauan seribu. Keliatan dari fasilitas yg ada. Disini ada kantor camatnya besar, rumah sakit, atm juga ada. 

Sekitar 10 menit jalan kaki akhirnya sampe di villa dermaga deh. Masuk kamar taruh barang, pesan kapal keliling sm Bpk Ismail trus makan nasi padang di warung dekat situ, harganya standar kok, nasi pake ayam 12rb. Sewa kapal awalnya dipatok harga 300rb, trus kita nego-nego karena cuma bertiga dan ga pake snorkling guide, jd cuma 250rb. Ya lumayan hemat lagi kan. Sekapal cuma bertiga maslahnya hahahaha. Sama peralatan nambah 25 rb per orang lengkap. Selesai makan, balik ke penginapan buat siap-siap lalu ketemu Bpk Ismail lg buat nyoba alat biar pas, lalu mulai deh berlayaaaarrrrr... 

ini dia dua jagoan saya hahaha

Hopping islandnya ada 3 spot. Pertama pulau air, terus karang sempit, terus semak daun deh. Ikan-ikan disini masih banyak dan bagus. Terumbu karang juga masih ada yg berwarna ya walaupun ga banyak. Tapi ikannya yg pasti banyak banget. Pas dikasih roti langsung deh dikelilingi ikan-ikan kecil. Kesukaan saya ikan yg warnanya rainbow gitu kecil-kecil, itu cantik banget kalo diliat dr deket. Pengen bawa pulang rasa-rasanya tp ya ga mungkin juga lah ya hahaha

Setelah puas snorkling kita istirahat di semak daun. Ini pulau bener-bener berasa milik sendiri. Sepi, cuma ada 1 keluarga yg nunggu disini, dan ada 1 kucing lucu yg mainnya sm ayam. Hmmm ini kucing sm ayam datengnya dr mana yesss ( ya dibawa sm yg tinggal disini lah egooo hahahaha ya kali berenang dari muara angke ). Tapi itu kucing bagus loh, pengen bawa pulang juga jadinya ( semua aja dibawa pulaaaannng ). Di semak daun kita makan kelapa muda yg juara banget deh rasanya. Asli seger, daging buahnya tebel dan lembut. Pas banget emang pantai sm kelapa muda.







Selesai menyantap kelapa muda, kita berenang di depan dermaganya. Airnya biru kehijauan kaya di laut karibia deh pokonya hehehe padahal belum pernah kesana. Ikannya juga banyak banget, tapi terumbu karangnya kurang bagus disini. Jenis ikannya sama aja kaya di spot sebelumnya, tapi disini lebih banyak yg rainbow itu sm ikan yg putih hampir transparant. Ikan-ikannya suka nyundul muka kita, mereka ga takut dekat-dekat kita. Selesai main-main di semak daun, kita menuju restaurant apung. Disana ya jelas ada tempat makan, ada penangkaran hiu, dan ada kapal tua besar gitu. Lebih mirip yg di film Ghost Ship sih. Kapalnya katanya sih masih bisa digunain, tp keliatan banget udah rapuhnya. Udahn banyak yg karatan gitu. Disana kita ga makan, karena mikirnya mau malem aja kesini biar enak suasananya kan malem-malem dinner disini, jadi kita langsung balik ke penginapan.

snorkling di pulau semak daun

 ghost ship

Selesai bersih-bersih, kita kelaperan. Dan itu masih jam setengah 5. Kalo makan banyak nanggung nanti kan mau makan di resto apung. Jadi kita jajan mie ayam bakso disana ( sama aja sebenernya sih ahhaha ). Abis makan kita keliling pulau jalan kaki. Ke tempat hutan bakau dan penangkaran penyu. Tp sayang tempat penangkarannya udh tutup. Kita terlalu sore soalnya datengnya. Jadi balik lg deh ke penginapan buat istirahat sebentar nunggu malam.

Emang yah kalo abis berenang itu bawaannya laper terus ngantuk deh. Sampe-sampe kita ketinggalan kapal buat nyebrang ke resto apung ( lagi-lagi susah bangun ). Jam setengah 8an gitu kita nanya mas-mas villa ada kapal kesana lg ga, katanya bisa minta jemput tapi pihak resto apung mau jemput kalo ada enam org. Yah emg ga jodoh, kita cuma bertiga. Jadi ya kita dinner nasi goreng seharga 10rb porsi super di pinggir dermaga lagi. Oh iya di warung pinggir dermaga ini ada keripik peyek gitu, tp pake kacang kedelai. Itu bikin nagih banget, harganya satu 500 aja. Tapi makannya ga cukup satu. Selesai makan dan ngobrol-ngobrol kita balik ke penginapan lalu tidur. Karena besok pulang pake kapal pagi RENCANANYA hmmm

Paginya ya seperti biasa ga bisa bangun pagi. Kapal harusnya jam 10, tp kita jam setengah 11 baru bangun hahahaha . Bahaya sebenernya yg gini nihm ga bisa manage waktu banget. Sampe ada pikiran buat extend sehari pula karena masih ngantuk. Tapi akhirnya dengan sekuat tenaga kita bangun, gantian mandi, packing terus beli sarapan sekaligus makan siang ayam lalapan di warung pinggir dermaga seperti biasa, kita antri tiket kapal buat yg jam 1an. 

Sambil nunggu kapal ya ga lain dan ga bukan kita foto-foto dan jajan di warung biasaaaaa ( udah keseringan jajan di warung dermaga jd udh biasa ). Kita bungkus keripik peyek kedelai 10 biji buat dikapal nanti. Terus jajan gorengan buat dibawa juga tp kenyataannya habis saat itu juga hihihihi





Kali ini kita pulangnya naik kapal lumba-lumba, lebih besar dan AC. Tapi AC berasanya kalo duduk di belakang di bawah AC itu persis. Kita kebagian duduk paling depan awalnya. Terus pas transit pulau, kebetulan di belakang kosong 3, kita pindah ke belakang dan adeeeemmm. Naik kapal lumba-lumba bikin mual. Saya sih lebih suka naik kerapu yg loncat dari pada lumba-lumba.

Sekitar jam 4an kita udah sampe di muara angke. Dari situ kita naik angkutan umum gitu. Motor yg ada boncengannya banyak, ga tau apa namanya ini. Satu orang bayar 10rb sampe depan jalan raya. Seru naik ini tp pas lewat pasar ikan bukan main emang hehehe ya maklum namanya juga pasar ikan. Pas udh di jalan raya kita langsung naik taxi lagi buat balik ke kost tercinta....

naik ojek dari angke








You May Also Like

0 comments