Gili Trawangan | 12 - 15 Feb 2012

by - November 11, 2012


Liburan kali ini emang cukup mendadak dan nekat. Pertama, tanggalnya mepet sama nikahan kakak. Kedua, duit lg pas2an. Ketiga, berhubung pake tiket "go show" jadi belum tentu dapet penerbangan sesuai keinginan ( ya maklum tiket jatah keluarga hahaha lumayan biar hemat ). Saya ber-13 yg akan pergi ke gili. 10 org tmn saya brgkt duluan naik bis dari jakarta-lombok. Nah saya naik pesawat sendiri ( kalo ada seat kosong ). Plan A kalo garuda full ya mau ga mau saya beli tiket merpati ( paling murah saat itu ), Plan B kalo garuda full, maskapai lain harganya menggila ya saya naik damri dan balik ke rumah hahahaha. Tapi untungnya pas itu garuda masih ada seat kosong. Ya kalo buat 1 org sih 85% pasti dapet, jadi ya lumayan gausah ngeluarin uang banyak buat tiket pesawat jkt-lombok, cuma bayar airport tax aje 40rb. Untuk tiket pulang nanti ya itu urusan nanti aja deh dapet apa gaknya hahaha yg penting berangkat dulu!

Pesawat saya take off sekitar jam 7 kalo ga salah, dan sampe di lombok itu jam 10 malam. Sampe di bandara lombok agak bingung karena bandara baru beroperasi gitu. Pas di bandara nyoba telp temen2 yg udh sampe di lombok dan lg nyantai2 di penginapan, niatnya mau minta jemput. Secara saya ga tau jalan, udah malam dan baru pertama kali ke lombok. Tapiiii... mereka ga ada yg mau jemput ( kamprettt ), saya disuruh naik bis atau taxi aja trus cari alamatnya sendiri deh. Hmmm emang super sekali mereka itu ya. Yaudah jalan clingak clinguk sendiri di bandara buat nyari operator transportasi malam yg ada. Akhirnya ketemu plang "DAMRI", bahagia seketika. Karena males banget naik taxi. Pasti mahal, ga tau jalan pula. Setelah nanya2 akhirnya disuruh nunggu di haltenya itu. Disana ada bapak2 sm istri dan anknya masih kecil satu. Ngerasa aman juga akhirnya ada yg naik damri juga. 15 menit kemudian mas2 damrinya bilang ga mau jalan karena cuma 3 org yg naik damri. Akhirnya mas2nya nawarin buat naik mobil travel aja gabung sm bapak dan ibu tadi. Perorang jd kena 50rb tapi saya minta sampe depan penginapan persis dan deal. Kalo naik damri cuma 30rb sebenernya tp ya sama aja abis itu saya harus naik angkot lagi, tapi gpp deh 50rb berhubung udh malem. Rutenya sebenarnya tempat si bapak ibu itu dulu baru penginapan saya. Tapi mereka baik mau nganter saya dulu, karena saya cewe dan malem2 sendirian kali yah hehehe. Mereka ramah banget, ngasih tau jalan2 di lombok dan khas2nya. Kita sampe tukeran nomor hahahaha. Sekitar jam 12 saya nyampe di penginapan, namanya Penginapan Kayu Mas ( dekat pasar buah ). Hmmm lumayan juga dari bandara ke penginapan ini. 

Besok paginya kami check out sekitar jam 9an. Paginya ada penjual nasi volcom. Nasi volcom itu sejenis nasi bungkus rames gitu. Cuma saya dulu terbiasa bilang nasi volcom pas jaman SMA di Bali. Abis bentuknya kaya lambang volcom gitu hehehehe. Pas lagi makan temen saya dari Bali tiba sm temennya. Jadi kami total bertigabelas ke gili. 

di depan penginapan kayu manis

Dari penginapan kita jalan sedikit keluar buat cari kendaraan yg mau ke pelabuhan. Rencananya kita mau carter angkot gitu, tp dipikir-pikir kita 13 org, dan barang bejibun, perjalanan ke pelabuhan ga cuma 15menit tapi sejam lebih. Jadi kita mutusin buat naik taxi aja hahahhaha. Jadilah kita konvoi 3 taxi, bener aja untungnya ga jadi sempit2an naik angkot karena jalurnya lumayan bikin pusing. Tapi pemandangan oke sih. Waktu itu 1 taxi kena 70ribuan, bagi 4 atau 5 deh jadi murah.

jalan dari penginapan buat cari taxi ke pelabuhan melewati pasar buah


Dari tempat kita turun taxi, masih harus jalan lagi sedikit buat nyampe ke pelabuhan. Sebenernya ada pilihan lain yaitu naik delman. Tapi kita milih jalan biar hemat hahahahah ga jauh-jauh amat lg pula, jd jgn pada males deh yah hihihi

pemberhentian taxi di pelabuhan bangsal


pelabuhan bangsal

3 srikandi tim giligila hehehe

Pas udh dipelabuhan kita langsung beli tiket seharga Rp 10.000 aja buat nyebrang ke gili. itu cukup 30 menit aja nyebrangnya ( kalo ga salah yess, udh lumayan lama soalnya hahaha ). Disana kapal baru brgkt kalo udh penuh. Banyak warga yg bawa barang2 berupa sayur mayur, telor dll. Jadi ya bayangkan aja gmn itu kapal kayu isinya, tp tetep FUN!! 

suasana di kapal


WELCOME TO GILI TRAWANGAN !!!
yeay akhirnya sampe juga di surga satu ini. Nyampe sana kita langsung bagi 2 tim buat cari penginapan yg nyaman, sesuai dan pas ( dibaca MURAH hahahha ). Di gili ini ga ada kendaraan bermotor, hanya ada sepede dan delman. Jadi mau jalan2 keliling ini pulau juga enak ga ada asep knalpot. Kita nyari2 penginapan keliling gili hampir 2 jam aja dulu.. tp ya kan kalo mau dpt sesuatu yg memuaskan harus usaha dulu ya kaaannn. Akhirnya kita sewa 2 kamar, yg satu bisa 4 org, satu lagi bisa buat 9 org hahaha. Kamar satunya lebih besar, ada 3 kasur gede, sedangkan satunya emg lebih kecil cuma ada 1 kasur gede aja. Dan tentunya kamar AC dan kmr mandi dalam. Kita sewa untuk 2 malam, dan per orang cuma dikenain 100ribuan gitu untuk 2 malam, dr 13 org hehehe kmrn kita sistem bagi rata aja biar adil :)). Oh iya namanya Penginapan Poro-Poro ( samping SD, masjid ).

Selesai taruh barang, ganti baju, kita langsung menuju warung makan terdekat. Warung Bude namanya. Disana jual makanan rumahan gitu, enak dan murah meriah. Makan sm minum cuma 12rb disana, tp ya tergantung lauk juga sih. Selesai makan, langsung tanpa ragu menuju pantai. Pantainya biruuuuuuu gradasi keren banget, pasir putih. Enak banget tidur2an dipinggir pantai sambil bejemur. Dan ga ketinggalan juga kita jajan Icecream terkenal disana dan rasanya ga bisa dilupain sampe skrg yaitu GILI GELATO. Itu icecream bikin nagih entah knp, enak banget hahaha lebay. Tapi ya emg pas suasananya pantai, panas, icecream. Juara deh. 1 scoop cuma 15000, kalo 2 scoops 25000. Tapi mas yg jualan agak rasis sygnya. Pas kita dtg harus bayar dulu ambil kartu baru pilih icecreamnya, eh pas itu ada bule juga malah langsung dikasih icecreamnya, pdhal kita duluan dtg. Dasar yeh org Indonesia selalu begitu!

menikmati Gili Gelato di pantai gili trawangan

berenang bebas

santai di pantai

menjelang sunset

Malamnya, kita bertigabelas makan di pujasera dekat kantor camat depan pelabuhan. Disana banyak makanan yg lumayan murah seperti ayam lalapan, ikan bakar atau goreng ( ikan gorengnya juara ), sate ayam, mie ayam dan banyak deh makanan indonesia lainnya. Selesai makan, kita ketemuan sm tmn kampus yg emg lg liburan kesana juga, tp mereka dtg lebih dulu dari kita Pas udah ketemu di salah satu cafe yg lupa namanya, kita minta CP buat keliling pulau besok deh. 

Kehidupan malam di gili mirip sama di bali. Banyak club berjejer, ada bar & lounge juga. Dari yg reggae, pop, rock, sampe trance juga ada disana, jd tinggal pilih aja deh. Malam itu kita ga sampe larut banget main malamnya, soalnya pagi2 besok udh harus bangun buat hopping island.

Paginya kita bangun jam stgh 7, lalu pergi sarapan di warung bude lagi ( udah paling deket sm penginapan ). Selesai makan balik lg ke penginapan trus jalan menuju tmpt tournya deh. Disana Bang Dani udah nunggu ternyata hehehe Langsung ga pake lama kita semua coba snorkle gearnya dan cuss ke kapal. Trip ini kita private boat, dgn bayar 100.000 perorang udh sm alat. Hmm sebenernya jatohnya sih mahal, krn harga sewa kapal disni 1jt, untung aja kita ramean jd enak patungannya. Kalo dikarimunjawa 1 kapal seharian paling mahal 450rb. Ini kita 1jt cuma setengah hari. 

Spot pertama ga begitu jauh tempatnya, disana ikan-ikannya warna warni kecil-kecil. Tapi sayang terumbu karang disana masih kurang, beda jauh sama karimunjawa. Spot kedua di gili meno, arusnya lumayan disini, bawah lautnya lebih bagus dari spot yg pertama. Selesai snorkling kita menuju gili air untuk makan siang. Disana ada restoran gitu, sepi banget suasananya, masih alami. Berasa makan di pulau pribadi. Harga makanan disana relatif murah, tp rasanya biasa aja. Cuma pemandangan makannya luar biasa.

underwater

fish school

gili trawangan

kapal bersandar di gili air

front of the restaurant

paradiso

view from restaurant

Sekitar jam 3 sore kita udah balik ke penginapan, lumayan singkat yah. Balik ke penginapan langsung ngantri mandi gantian hahaha. Setelah itu pada istirahat sebentar sambil nunggu malam, pada tepar ternyata. Malamnya kita makan di cafe "lupa namanya" disana enak suasananya. Makan di atas bale bengong, alunan musik santai. Berhubung malam terakhir disana, kita makan agak mewah dikit nih :p
Pesanan makanan kami serba western deh pokoknya. Setelah kenyang makan kita pindah buat cari cafe nongkrong2 gitu. Kita main kartu, ngobrol sambil minum dan nyemil di cafe selanjutnya. Suasananya damai deh.

Besok paginya kita check out jam 10an trus langsung beli tiket buat balik ke lombok. Harga tiketnya sama 10rb dan kapal brgkt kalo udh penuh kapalnya. Hampir sejam lah nunggu kapal penuh disana, lalu brgkt menuju lombok. Good Bye Gili Trawangan..

Sampe di pelabuhan bangsal, langsung jalan kaki nyari kendaraan. Akhirnya nemu mobil travel gitu. Kita sewa mobil perorang bayar 40an kalo ga salah sampe di pelabuhan buat nyebrang ke bali. Tapi saya berhenti di tempat lain dan langsung lanjut naik taxi ke bandara. Saya ga ikut ke bali karena ada urusan besoknya jd harus balik jkt duluan. Bete juga sih ga bisa ikut ke bali ramean lagi, tp gpp, masih ada lain waktu :)

Dari tempat saya ke bandara lumayan jauh ternyata, kena tarif 80ribuan gitu naik bluebird. Sampe di bandara saya kecepatan, jd blm bisa check in. Sambil berdoa saya dapat penerbangan hari ini, kalo ga dapat ga tau deh ini gmn hahahaha soalnya keuangan udh tiris setiris tirisnya. Nunggu hampir sejam dan untungnya masih ada seat buat ke jakarta ( maklum tiket "go show" )..

jam 4 sore gitu pesawat take off and back to jakarta...






















You May Also Like

3 comments

  1. Salut ama yg naik bus jkt-lombok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, denger cerita mereka aja ngebayangin pegelnya. Jakarta - bali naik bis aja lumayan, ini ke lombok hehehe

      Hapus
  2. cerita nya seru bgt ,, saya jadi kangen kampung halaman ..

    BalasHapus