Semarang - Jepara - Karimunjawa | 21-26 Mei 2010

by - September 06, 2012


Berawal dari himpunan yg saya ikuti. Pas itu lg mau buat acara study tour luar kota, tp bingung mau kemana. Tadinya mau ke bali sekitarnya tapi bosan, udh biasa aja. Trus tiba2 ada ide buat trip ke karimunjawa. Jadilah dibikin rutenya semarang - jepara - karimunjawa, biar banyak tripnya hehehe . Nah kebetulan saya termasuk panitianya, dan waktu persiapan ga nyampe sebulan hmmm. Dengan info yg minim dan budget minim, akhirnya nekat buat survey lokasi tanpa persiapan yg mateng hahaha. Rencana awal cuma berempat yg pergi, pake mobil. Setelah rapat segala macem, nambah satu org lagi yg ikut, karena kita berempat masih buta jalan banget. Tapi ya sama aja nambah satu org, wong dia juga ga tau jalan -__-". Akhirnya kita berlima brgkt dr jakarta malem jam sepuluhan gitu menuju semarang. Modal google maps di HP dan nekat alhamdulillah sampe semarang tanpa nyasar. Sampai di semarang langsung nanya2 jalan menuju pelabuhan buat nyebrang ke karimunjawa. Kalo ga salah kapal nyebrang jam 9 (ON TIME!!). Kita sampe di pelabuhan tepat jam 9. Ini agak sedih sih sebenernya. Kita baru parkir mobil, turun dari mobil, tali kapal baru dilepas, kayu injekan buat ke kapal udah diangkut. Udah mohon2 supaya kapalnya tunggu beberapa menit sm petugasnya tetep ga bisa. Ship must go on (sial). 
Sempet pasrah sesaat, tapi ya mau gmn lg. Akhirnya kita mutusin buat bermalam di semarang dulu. Muter2 keliling sana sini nyari hotel murah yg boleh berlima sekamar. Ada hotel biasa banget sekamar hampir 500rb, kalo berlima kena bayaran 70rb per org. Yah mahal banget buat ukuran hotel biasa banget kaya gitu. Akhirnya iseng ke novotel gara2 udah bingung mau tidur dmn. Dan ternyata di novotel semalam ga sampe 500rb dan bebas sekamar isinya brp org HAHAHAHA! Untung blm deal sm hotel sebelumnya, dan kita beruntung krn novotel lg promo ulang tahun. SUKSES TERUS YA NOVOTEL SEMARANG ehehhe. Disana puas2in tiduran, mandi lama2an, berenang di hotel ( ga mau rugi dong yah :p ). Sore sampe malemnya kita jalan2 sekitar semarang. Nyoba naik buswaynya semarang. Ternyata jarak dr halte ke tmpt yg kita tuju lebih cepat jalan kaki dibanding naik bus yg nunggunya lama banget ( maklum turis ). Disana kita nyoba makan risol enak banget tp lupa namanya apaan, trus beli jajanan2 pinggiran sambil nunggu ujan brenti. 

kamar novotel 


 kota semarang 


Besoknya kita bangun pagi2 karena trauma bakal ketinggalan kapal lagi, dr semarang ke jepara ga begitu lama, cuma 2-3 jam kalo ga salah ingat ya. Sampainya di pelabuhan jepara kita liat2 kok sepi, ternyata kapal baru ada hari besoknya hmm tandanya harus nginap lagi, biaya lg. Kita muterin homestay2 yg ada di taman pelabuhan jepara itu. Tapi setiap kita mau pesan kamar dibilang warganya semua full. Tapi disitu sepi banget kaya kuburan. Ga ada tanda2 ada turis atau siapapun yg nginap. Karena kita percaya kalo semua homestay disitu full semua ya udah terpaksa mobil disulap jd kasur. Kita jadinya tidur di pelabuhan. Untungnya ada warung kecil di parkiran pelabuhan yg sepi banget itu dan bapaknya baik. Kita ngobrol2 sm bapak itu. Dan ternyata kenapa semua homestay bilang full itu karena mereka ga mau nerima tamu yg masih muda dan beda kelamin. Mereka hanya menerima tamu yg berkeluarga. Heran juga sih kan jarang backpackeran yg bareng keluarga, udah gitu orang2 kesitu karena mau nyebrang ke karimunjawa aja. Kita aja ini yg sial karena ga tau jadwal apa2 jadi terpaksa harus nginap hahaha. Tapi ya emg udh adat sana kali ya, harus dihormati. 

Besoknya kita bangun pagi banget. Karena harus ngantri tiket kapal. Untungnya kita dapat yg vip. Lumayan juga 6 jam nanti di kapal feri. Tiket vip waktu itu masih 60ribuan kalo ga salah ( skrg udh 77rb - 2012 ). 6 jam di kapal, kita hanya nonton dvd ga jelas, dengerin lagu, tidur, makan, trus main2 ke anjungan kapal buat liat ikan terbang. Berhubung itu pertama kalinya saya naik kapal feri ya maklum agak norak liat yg begituan hehehe. Kalo lg beruntung bisa liat lumba2 juga ngiringin kapal. Pengen meluk itu lumba2 rasanya. Tapi yg paling hits sih ular laut ewwww geli liatnya. Tapi sering banget muncul. 
 baru sampe pelabuhan jepara

 peta pulau karimunjawa

taman hiburan di pelabuhan jepara ( lupa namanya hehe )

KMP Muria


Setelah 6 jam perjalanan, kita sampai di karimunjawa. Disana kita udh ada yg jemput dari pihak wisma apung. Ternyata karimunjawa kecil dan sepi kalo siang gini. Wisma apung itu sendiri ada di tengah laut, jadi harus nyebrang dulu naik kapal kayu kesana. Pas udah di wisma apung WOOWWW! banyak hiu! simple design wismanya, tp nyaman. Bisa main2 di kolam hiu. Bisa langsung berenang di depan teras wismanya. Kita waktu itu pake 2 kamar, dengan kamar mandi dalam tp tanpa ac. Percuma pake ac juga, karena listrik baru nyala abis maghrib, dan kalo malam itu anginnya dingin, jd adem hehe. Berhubung kita cm punya waktu semalam disana, jadi ya sore itu langsung sewa kapal buat snorkeling, ga mau rugi lah udh ke karimunjawa tp ga nikmatin wisatanya walaupun cm sebentar. Kita sewa kapal waktu itu hanya 300rb udh sm peralatan. Sebenernya mahal kalo dipikir-pikir sekarang, karena 300rb itu biasanya seharian, tp ini kita ga sampe setengah hari. Ya berhubung belum tau apa2 saat itu, ya terima ajalah ya. Keliling2 di pulau terdekat lumayan juga bagusnya. Airnya bening banget, ikannya ga ada yg malu ngedeketin kita kalo lg dikasih makan.

baru sampe di karimunjawa

di kapal kayu mau nyebrang ke wisma apung

wisma apung di malam hari

menjangan island

sunset karimunjawa

sunset

me :D

Selesai keliling pulau, kita makan di wisma apung dengan menu seafood. Makanannya enak, porsi mantap. Juara deh makannya disini. Besoknya kita pulang pagi2, naik KMP Muria lagi, 6 jam lagi hmm tapi skrg kita dpt yg ekonomi. oh no! kursi ga dapet, terpaksa tiduran di deck kapal panas2an. Awalnya nikmatin karena ngantuk ya tinggal dibawa tidur aja. Ga lama, tmn ngeliat awan di depan gelap banget, dan ga lama kemudian BYUUUURRRR!! HUJAN DERASSSS!! langsung bubar deh bingung mau turun kebawah rame, jd numpang di tempat nahkoda. Ditawarin tidur di kamar nahkoda tp bayar 150rb. Hmm butuh tp harga ga sesuai sm tempatnya yg hmm agak bau gmn gitu ( hehe maap pak ) . Jadi ya sok2 nanya2 sm nahkodanya aja ttg kapal, padahal lg numpang neduh sih. Dan untungnya ujannya ga lama, jd ga rugi 150rb deh hehehehehe. Sampai di jepara kita langsung cuss ke jakarta tanpa bermalam dimana mana lg. Sebenernya mau tapi duit udh tipis buat bensin dan udah kelamaan bolos kuliah hehehehe









You May Also Like

1 comments

  1. wisata di >> karimunjawa memang joss.!!
    yuk tetap jaga kelestariannya dengan tidak memegang atau menginjak karang.
    biar tempatnya tetap oke, alamnya senantiasa indah alami. info harga paket karimunjawa juga masih terjangkau, apalagi untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan setelah menikah, cukup pilih paket honeymoon karimunjawa, cocok untuk 2 orang yang sedang berbulan madu dan untuk anda yang suka petualang, ada juga paket karimunjawa murah ala backpacker, enak to... dimana lagi ada yang semurah harga paket wisata karimunjawa disini.
    informasi selengkapnya paket tour karimunjawa bisa juga cek sumbernya disini >> harga paket karimunjawa

    BalasHapus