Karimunjawa | 9 - 12 Okt 2011

by - September 06, 2012

Kali ini trip ke KARIMUNJAWA lagi! Karena belum puas explore keindahan pulau dan bawah lautnya tahun lalu, sekarang balik lagi hehehe. Kali ini saya pergi berempat, tentunya dengan persiapan matang dong. Ga kaya tahun sebelumnya hehe. Kami naik bis nusantara tujuan jepara dari terminal lebak bulus sekitar jam 5 sore, dan sampe jepara itu sekitar jam 4 subuh gitu. Kalo naik bis nusantara, dapet berhenti untuk makan malam sekali. Tapi kadang bayar, kadang gratis makannya. Kali ini saya bayar karena ga tau kenapa ga ada bonus makan sm tiketnya. Tarifnya itu 120rb.
Setiba di jepara, kami turun di alun-alun jepara. Disana udah banyak becak yg nunggu untuk nawarin diantar ke pelabuhan. 1 becak tarifnya 15000, jadi berdua ya patungan 7500 ya hehehe. Sampai di pelabuhan masih sepi dan gelap juga, ya tapi enak dtg lebih dulu bisa milih tempat nunggu yg asik. Kita ga harus ngantri utk beli tiket kapal lg, karena udh pesan sm org jeparanya ( hasil kenalan tahun 2010 hehehe, banyak kenalan jd banyak bantuan ). Kita dpt yg vip dong, harganya 70rb, udah kapok 6 jam dikapal ekonomi hehehe. Jam 8 kurang kapal mulai jalan. Sekitar jam 2 siang kita udah sampai di karimunjawa dan langsung dijemput sm pihak wisma apung.

selamat datang di karimunjawa

Sebelum nyebrang ke wisma apung, kita makan siang dulu di warung ibu ester. Ini warung makan paling hits di karimunjawa. Masakannya sederhana, enak,dan pastinya MURAH! Makan disni udah pake lauk macem2 sm minum ga sampai 10rb ( ya tapi kalo porsinya melebihi batas ya ada kemungkinan lebih sih hehehe ). Setelah makan, kita jalan sebentar menuju dermaga yg jaraknya cuma 5 menit lah dr warung makan itu. Baru deh naik kapal kayu nyebrang ke wisma apung.

nyebrang ke wisma apung

Sampainya di wisma apung kita hanya foto2, main hiu, santai2 di saung sambil ngobrol lalu tidur siang hahahaha ( sembari nunggu listrik nyala ). Jam 6an listrik udah nyala, untungnya kebangun jam segitu ( gara2 bunyi genset berisik ), bangun langsung mandi dan menyantap hidangan seafood yg saya rindukan ( prett lebay ). Selesai makan kita ngobrol2 di depan kamar, kebetulan ada 2 org juga dari malang backpackeran. Kita kenalan trus ngobrol2 dan ngajak gabung buat keliling pulau besok. Lumayan jadi hemat biaya kapalnya hehehe

tempat tiduran apung yg pewe banget

Besoknya kami (ke- )bangun (juga) pagi, karena diketok sm mba2 pegawai wisma apung untuk disuruh sarapan. Entah kenapa ini tidurnya belum cukup2 hehe liburan malah tidur doang!
Paginya sarapan nasi goreng dan rasanya enak. Kalo sarapan ini udah gratis jadi ga perlu bayar lg. Sambil nunggu kapal siap, kita bisa main2 sama hiu di kolam. Kapan lagi ya kan main sm hiu di KOLAM!
Sekitar jam 9 kapal buat keliling pulau udh tiba, lengkap sama peralatan buat snorklingnya. Kita juga pesan lunch box utk bekal di pulau nanti. Per org cukup bayar 15000 aja udh lengkap nasi, sayur, lauk, buah sm minum juga. Kali ini kita sewa kapal 400rb seharian udh sm guidenya, alat snorkling 35rb lengkap sm fin. Ya naik 100rb dari tahun sebelumnya. Tp gpp kali ini SEHARIAN yeeaayy..

Pulau pertama yg didatengin selalu menjangan. Ya karena emg paling deket dari wisma apung hehe dan paling rame snorkling disini. Oh iya jgn lupa bawa roti buat kasih makan ikan nanti di laut. Sampai di menjangan, yak benar, rame sekali. Banyak kapal kayu yg lebih besar udah parkir disana. Di menjangan, kita ga terlalu lama karena udah rame banget jd ga asik snorklingnya hehe gaya banget ye kaaannn...
after snorkling di menjangan

Dari menjangan, kita langsung menuju ke cemara kecil. Ini indah banget pulaunya. Ada gundukan pasir ditengah tengah laut. Airnya bening sebening beningnya. Tapi kalo jalan menuju pulaunya mesti hati2 banyak karang kecil. Tapi ga bakal nyesel kalo udah liat hamparan pasir putihnyaaaaaa...

syurgaaaaaa biruuuuuu

cemara kecil

pasir putih

private island

was here!!

Setelah dari cemara kecil, kita rencana mau ke gosong tp berhubung ombak lumayan besar, jd di cancelled. Kita langsung menuju ke tanjung gelam. Dan ternyataaaaaaa...
GILAAAA!! Ini Indonesian Maldive deh bener ( ini lebay tp emg keren banget ). Warna lautnya gradasi biru tua, biru muda, bening. Jatuh cinta sm pulau ini pokoknyaaaa.. Disini kita istirahat untuk makan siang, terus muterin sepermpat pulau aja hehe kalo diputerin mirip sm belitung juga banyak batu2 gedenya. Duduk di warung2 kecil sambil menikmati kelapa muda dan gorengan di pinggir pantai emang juara deh. Setelah kenyang, kita berenang di sekitaran pantainya, terumbu karangnya masih bagus2, ikan2 kecilnya banyak yg lucu2. Oya, sebelum cuss ke pulau lainnya, jangan lupa bayar uang sandar 30rb per kapal. Ya istilahnya uang parkir lah ya .

makan siang duluuuuu

sekitar pulau

Next.. berikutnya pulau hmmm aduh lupa namanya hehehe disini pulanya gersang banget, dan untuk turun ke pasirnya harus pake alas kaki. Hmm jadi mikir harus beli booties buat dive yg bisa dipake jalan2 di pulau gini juga. Ribet kalo pake sendal jepit, licin, suka lepas sendiri. Di pulau ini ada banyak tanaman dakaunya, trus banyak ubur2 kecil. Kita sempet nangkep satu tp tewas dijalan balik ke wisma apung :( kalo dipulau ini ga usah bayar sandar, karena ga ada penghuninya hehe

Sampainya di wisma apung, kita langsung mandi. Dan berhubung udah pada kelaperan banget, jadi kita nyebrang ke daratan dengan bayar 5rb per orang naik kapal ojek dari wisma apung ke dermaga (PP), buat makan di bu ester. Pas mau balik lagi ke wisma apung kalo ojek kapalnya belom dateng, tinggal telpon aja ntar tiba2 udah sampe di dermaga itu kapal. Orang sana canggih2 deh ga pake lampu itu di kapalnya.
Sambil santai2 di teras wisma apung, ada 2 bule baru datang. Yg satu udh opa-opa gitu, satu lg masih muda ( ini mirip rooney sumpah!hahahaha ). Kita kenalan dan ngobrol2 bareng, trus kita ajak buat keliling pulau bareng besoknya dan ternyata mereka mau. YESS!! hemat uang lg hehehehe patungannya jadi dikit deh perorang, lumayan lah yah. Kita ngobrol2 sampe lumayan larut, abis itu mutusin buat tidur deh. Oh iya harga menginap di wisma apung saat itu 150rb/kamar ( kmr mandi dalam tanpa ac ), bisa buat berdua org. Kalo nambah org kena bayaran 25rb perorangnya.

Paginya seperti biasa mba2 wisma apung ngetok kamar buat bangunin sarapan. Kali ini menunya soto ayam. Pagi2, ditengah laut makan soto ayam. Kapan lagi coba hehehehe ( jd laper beneran ini hmm ).
Jam 9an kapal kita dateng. Kali ini kita disuruh pake pelampung orange ngejreng itu, biar ga ketilang sm polisi laut hehehe kena teguran ternyata, gara2 kemaren kita ga ada yg pakai pelampung ini. Maap ya pak ..

Kali ini kita ke spot snorkling pertama yg lupa namanya hehehe disana kita snorkling sama mancing ikan. Mancing ikan disana kayanya gampang banget. Ditinggal berenang sebentar, mas2 guidenya udah dapet ikan seember. heraan hahahahah

Selesai berenang, kita ke cemara besar. disana kita makan siang dan bakar ikan hasil pancingan tadi. Harga makan siang sm seperti kemarin 15rb komplit. Ikan yg dibakar ternyata menggoda juga, walaupun abis makan, tetep makan ikan hasil pancingan lg hehe guide kita ternyata udah bawa bumbu sambel buat ikan, tambah mantap pula rasa ikannya deh.. Di pulau ini kita lumayan lama juga, keasikan ngobrol, main ayunan sm main di pantainya..

my team
( tito, nico, saya, ben, sam, tita, rizky, grandpa rudolf )

Cuussss ke pulau Tanjung Gelam lagiiii yeaaaayyy pulau favoriiiitttt. Eh iya jgn lupa bayar uang sandar ya tadi di pulau cemara besar 30rb juga :)..
Sampai ke tanjung gelam, kita ga langsung berhenti di pinggir pantainya, kita snorkling dulu di tengahnya. Ikannya bagus baguuuusssss, lebih warna warni dibanding deket pantainya. Kita disana lomba loncat2an paling oke dari kapal, jurinya ya mas2 guide kita hahaha. Jatuh hati sih sama biru lautnya yg keren banget. Agak2 ke hijauan gitu, syurgaaaaaa deh. Setelah lumayan lama main2, kita menuju pulau tanjung gelamnya, tp kali ini berenang dr tengah, ga pake kapal hehe sebenernya ini iseng aja, jadi kapalnya duluan ke itu pantai, kita berenang ke pantainya deh. Pemandangannya supeeerrr banget. Istirahat disana kita mesen es kelapa muda lagi dan gorengan lagi ehhee kali ini tambah seporsi indomie rebus. Heran, padahal abis makan banyak di pulau sebrang. Ya maklum efek berenang kan lapar ya hahahaha

i left my heart in tanjung gelam deh ini judulnya hehehehe

Keliling pulau hari ini ditutup di menjangan lagi hehehe disana sepi ternyata kalo sore, jadi enak bebaaaassss luaaasssss. Tapi birunya ga seindah tanjung gelam, tetep tanjung gelam JUARA!!

Selesai keliling pulau, kita semua balik ke wisma apung. Berhubung rencana kita malam terakhir di karimunjawa mau di daratan, jadi kami langsung check out. Keempat teman baru kami di sana juga ternyata mau ikut dengan rencana kami. Jadilah kita berdelapan keliling cari homestay murah di daratan. Lumayan juga banyak yg full. Tapi beruntung kita dapet homestay murah dan bagus, pak RT pula, jd aman hehe. Dapet homestay, kami langsung mandi secara bergilir, terus pergi buat makan malam bareng2. Pilihan makan malam kembali di bu ester hahahaha ga tau doyan atau males cari yg lain tapi ya emg enak disitu. Letaknya deket alun2 karimunjawa. Disana banyak jajanan murah, berjejer di lapangan, ada layar tancap pula di depan kantor camat. Meriah banget deh karimunjawa pada malam itu.

dinner di warung bu ester

Pas lagi minum es kelapa muda, penjualnya bilang harus cobain somay terenak se-karimunjawa. Wah langsung dong kita semua penasaran. Saya sm temen saya beli somaynya langsung, yg lain duduk2 di tempat yg jual kelapa muda itu. Berhubung tempatnya dekat, jd ya piringnya boleh dibawa kemana mana. Pas udah beli terus saya suruh temen2 cobain, hmmmm rasanya biasa aja ternyata. Terus kita nanya sama ibu penjual kelapa td, kenapa ini somay terenak disini, padahal biasa aja kalo menurut kita. Dan jawabannya adalah ........... "Ya karena dia satu2nya yg jual somay di karimunjawa ini" . ZONK!!!! Dikerjain ibu2 hahahahaha tengsin tapi gmn ya mau kesel juga ga bisa. Kita cuma bisa ketawa2 aja sambil merasa dihianati ( lebay kan kan kan ).  Setelah kenyang, kita mutusin buat balik ke homestay trus tidur, karena besoknya harus bangun pagi2 banget buat pulang. Yang kasian sih ya Ben si bule jerman sm grandpa rudolf, harus bangun lebih awal dari kami buat ngantri tiket kapal. Kalo kami, kan udh punya tiket vip hehehe, harganya sama 70rb juga.

Besoknya, kita jalan kaki dari homestay ke pelabuhan. Hmm lumayan jauh sih tapi ya gpp olahraga pagi sekalian ngeringin rambut hahahaha. Sampai di pelabuhan portal buat ke kapal belum dibuka, jadi kita duduk2 dulu di pinggiran loket. Nah, kesiannya dua temen bule kita cuma dapet tiket ekonomi. Ya mau gmn lg drpd ga dapet tiket pulang hehehe. Ga lama, portal dibuka langsung deh orang2 pada berebutan naik ke kapal. Ada yg bawa gerobak, motor segala macem juga ada deh di kapal itu. Langsung kita masuk ke ruang vip, minum antimo biar ga mabok hahahaha biar tidur nyenyak juga di kapal.

Sampai di pelabuhan jepara, kita langsung ke terminal bis naik becak buat beli tiket bis pulang ke jakarta. Kita dapet bis nusantara harganya 110rb. Kalo tita, sam, ben sm rudolf ga bareng kita ke jakarta, mereka ke jogja dulu terus ke malang deh. Abis beli tiket, kita nitip barang di loket nusantara, trus naik becak yg tadi ke kfc terdekat hehehehe kelamaan di laut kangen ayam. Becak dari pelabuhan-terminal-kfc-terminal bayar 25rb.

Bis ke jakarta brgktnya jam 4an, tita, sam, ben, grandpa jalan ke jogja lebih awal. Mereka naik mobil travel biasa. Di bis kami tinggal berempat aja jadinya, ya kerjaannya liat2 foto di kamera, ngemil, ngobrol, tidur. Agak nyesel ga bawa kamera underwater pas ke karjaw ini. Itu tandanya harus balik lagi kesana dan bawa kamera underwater hahahahahaha. Sampai di jakarta, terminal lebak bulus, jam 6an pagi. Saya sm temen2 saya langsung naik taksi untuk balik ke kost masing2...